prasetya wardana

Wednesday, 17 March 2010 08:39:26 GMT

macam-macam enzim pada tubuh manusia



Pencernaan makanan secara kimiawi terjadi dengan bantuan zat kimia tertentu. Enzim pencernaan merupakan zat kimia yang berfungsi memecahkan molekul bahan makanan yang kompleks dan besar menjadi molekul yang lebih sederhana dan kecil. Molekul yang sederhana ini memungkinkan darah dan cairan getah bening ( limfe ) mengangkut ke seluruh sel yang membutuhkan.

Secara umum enzim memiliki sifat : bekerja pada substrat tertentu, memerlukan suhu tertentu dan keasaman (pH) tertentu pula. Suatu enzim tidak dapat bekerja pada substrat lain. Molekul enzim juga akan rusak oleh suhu yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. Demikian pula enzim yang bekerja pada keadaan asam tidak akan bekerja pada suasana basa dan sebaliknya. Macam-macam enzim pencernaan yaitu :

1. Enzim ptialin

Enzim ptialin terdapat di dalam air ludah, dihasilkan oleh kelenjar ludah. Fungsi enzim ptialin untuk mengubah amilum (zat tepung) menjadi glukosa .


2. Enzim amilase

Enzim amilase dihasilkan oleh kelenjar ludah ( parotis ) di mulut dan kelenjar pankreas. Kerja enzim amilase yaitu :

Amilum sering dikenal dengan sebutan zat tepung atau pati. Amilum merupakan karbohidrat atau sakarida yang memiliki molekul kompleks. Enzim amilase memecah molekul amilum ini menjadi sakarida dengan molekul yang lebih sederhana yaitu maltosa.


3. Enzim maltase

Enzim maltase terdapat di usus dua belas jari, berfungsi memecah molekul maltosa menjadi molekul glukosa . Glukosa merupakan sakarida sederhana ( monosakarida ). Molekul glukosa berukuran kecil dan lebih ringan dari pada maltosa, sehingga darah dapat mengangkut glukosa untuk dibawa ke seluruh sel yang membutuhkan.


4. Enzim pepsin

Enzim pepsin dihasilkan oleh kelenjar di lambung berupa pepsinogen . Selanjutnya pepsinogen bereaksi dengan asam lambung menjadi pepsin . Cara kerja enzim pepsin yaitu :

Enzim pepsin memecah molekul protein yang kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana yaitu pepton . Molekul pepton perlu dipecah lagi agar dapat diangkut oleh darah.

5. Enzim tripsin

Enzim tripsin dihasilkan oleh kelenjar pancreas dan dialirkan ke dalam usus dua belas jari ( duodenum ). Cara kerja enzim tripsin yaitu :

Asam amino memiliki molekul yang lebih sederhana jika dibanding molekul pepton . Molekul asam amino inilah yang diangkut darah dan dibawa ke seluruh sel yang membutuhkan. Selanjutnya sel akan merakit kembali asam amino-asam amino membentuk protein untuk berbagai kebutuhan sel.

6. Enzim renin

Enzim renin dihasilkan oleh kelenjar di dinding lambung. Fungsi enzim renin untuk mengendapkan kasein dari air susu. Kasein merupakan protein susu, sering disebut keju. Setelah kasein diendapkan dari air susu maka zat dalam air susu dapat dicerna.

7. Asam khlorida (HCl)

Asam khlorida (HCl) sering dikenal dengan sebutan asam lambung, dihasilkan oleh kelenjar didalam dinding lambung. Asam khlorida berfungsi untuk membunuh mikroorganisme tertentu yang masuk bersama-sama makanan. Produksi asam khlorida yang tidak stabil dan cenderung berlebih, dapat menyebabkan radang lambung yang sering disebut penyakit ”mag”.

8. Cairan empedu

Cairan empedu dihasilkan oleh hati dan ditampung dalam kantong empedu. Empedu mengandung zat warna bilirubin dan biliverdin yang menyebabkan kotoran sisa pencernaan berwarna kekuningan. Empedu berasal dari rombakan sel darah merah ( erithrosit ) yang tua atau telah rusak dan tidak digunakan untuk membentuk sel darah merah yang baru. Fungsi empedu yaitu memecah molekul lemak menjadi butiran-butiran yang lebih halus sehingga membentuk suatu emulsi . Lemak yang sudah berwujud emulsi ini selanjutnya akan dicerna menjadi molekul-molekul yang lebih sederhana lagi.

9. Enzim lipase

Enzim lipase dihasilkan oleh kelenjar pankreas dan kemudian dialirkan ke dalam usus dua belas jari ( duodenum ). Enzim lipase juga dihasilkan oleh lambung, tetapi jumlahnya sangat sedikit. Cara kerja enzim lipase yaitu :

Lipid (seperti lemak dan minyak) merupakan senyawa dengan molekul kompleks yang berukuran besar. Molekul lipid tidak dapat diangkut oleh cairan getah bening, sehingga perlu dipecah lebih dahulu menjadi molekul yang lebih kecil. Enzim lipase memecah molekul lipid menjadi asam lemak dan gliserol yang memiliki molekul lebih sederhana dan lebih kecil. Asam lemak dan gliserol tidak larut dalam air, maka pengangkutannya dilakukan oleh cairan getah bening ( limfe ).

Enzim pencernaan bekerja untuk mempercepat reaksi pada pencernaan makanan, tetapi enzim pencernaan tidak ikut diproses. Berikut gambaran cara enzim bekerja :




In: Uncategorised
Permalink : macam-macam enzim pada tubuh manusia
Comments: 81
Viewed 2722 times.

Comments: 81

Sent by: denny | Wednesday, 10 October 2012 07:33:38 GMT


Sent by: denny | Wednesday, 10 October 2012 07:33:37 GMT


Sent by: denny | Wednesday, 10 October 2012 07:33:36 GMT


hehehehehehehe

Sent by: mazaya | Wednesday, 3 October 2012 07:46:10 GMT


terima kasih sangat membantu saya yg sedang mengerjakkan tugas thanks very much

Sent by: Hafidzh | Tuesday, 2 October 2012 07:52:31 GMT


kurang lengkap

Sent by: dinni | Monday, 1 October 2012 04:08:16 GMT


sangat membantu sekali
thanks ya !!!!!!!!!!

Sent by: syahrin | Thursday, 27 September 2012 06:08:56 GMT


8)luamyan gan

Sent by: otong | Thursday, 27 September 2012 03:12:18 GMT


bdhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh gk pnteng

Sent by: aan | Monday, 10 September 2012 09:14:08 GMT


Terimakasih sangat membantu

Sent by: hadryan | Thursday, 16 August 2012 03:13:36 GMT


thank you ya*****jadi tau ni untuk pelajaran sekolah&&&&

Sent by: selenisuju | Friday, 10 August 2012 00:09:05 GMT


mkasih ya kita jadi tahu dan kalau bisa skalian sama gambar

Sent by: betsy banari | Monday, 9 July 2012 07:31:02 GMT


CEDABEK fungsi enzimnyo

Sent by: DWIKY ALRAFI | Monday, 28 May 2012 08:25:13 GMT


enzim pencernaan yg bekerja pada PH asam dan basa apa yoo??

Sent by: riang | Thursday, 17 May 2012 02:25:39 GMT


keterangan ny tentang enzim amilasenya kurang lengkap kaka

Sent by: resa yuni pratiwi | Monday, 14 May 2012 07:42:32 GMT


kurang lengkap, nih?!

Sent by: PCS | Tuesday, 8 May 2012 03:50:21 GMT


Makasih ya sudah membantu

Sent by: kemal | Sunday, 29 April 2012 02:31:42 GMT


Sent by: fucking | Sunday, 29 April 2012 00:41:01 GMT


Sent by: ayyas | Sunday, 29 April 2012 00:37:56 GMT


thank ya jadi tau deh

Sent by: ayyas | Sunday, 29 April 2012 00:33:21 GMT


yah kok ada fungsinya

Sent by: Rifandy | Saturday, 21 April 2012 23:40:03 GMT


penting

Sent by: ari | Friday, 20 April 2012 09:57:43 GMT


kurang lengkap

Sent by: bima | Friday, 20 April 2012 04:46:41 GMT


Terimakasih sekali atas sumber bacaan yang bermanfaat untuk menghadapi UN saya ..,

Sent by: Ardi Setiaawn | Wednesday, 18 April 2012 07:50:31 GMT


penyakit penyakit termasuk dlm enzim ko gda ...

Sent by: syarifah munira | Wednesday, 18 April 2012 07:45:06 GMT


wah terimakasih kau telah membantu ujian sekolah ku


thankyou so much

Sent by: daffa fajar | Tuesday, 17 April 2012 04:19:47 GMT


sudah cukup baik, harus banyak penambahan bobot nya

Sent by: erzanita | Friday, 13 April 2012 01:00:01 GMT


kayaknya kurang lengkap dech!

Sent by: cindy | Tuesday, 10 April 2012 09:56:47 GMT


Aaapaaa loooo huaahahahhaha

Sent by: jaja | Monday, 9 April 2012 01:09:10 GMT


gaada fungsinya gaada gunanya

Sent by: ffanyaaa | Saturday, 7 April 2012 21:03:41 GMT


sangat membantu.. terimakasih banyak

Sent by: herjuno | Monday, 2 April 2012 22:55:40 GMT


lumayan,tapi terlalu banyak basa basi truz bahasanya baku ajah

Sent by: ytzir | Tuesday, 27 March 2012 09:41:14 GMT


ko ga ada funsinya???

Sent by: ihwan | Tuesday, 20 March 2012 02:16:57 GMT


thank's

Sent by: elsa | Thursday, 15 March 2012 08:42:55 GMT


Sent by: imam cool | Wednesday, 7 March 2012 07:13:25 GMT


kok gak keluar fungsinya

Sent by: bapak | Thursday, 23 February 2012 07:08:21 GMT


huh

Sent by: reizki 56 | Thursday, 23 February 2012 07:04:49 GMT


Sent by: adinda | Wednesday, 8 February 2012 09:04:40 GMT


SANGAT MEMBANTU SEKALI

Sent by: ahmdhasni | Wednesday, 1 February 2012 08:14:30 GMT


;MARAH

Sent by: ahmdhasni | Wednesday, 1 February 2012 08:10:58 GMT


ZzzzzzzzzzzzzzZzZzZz

Sent by: AHMADHASNI | Wednesday, 1 February 2012 08:09:44 GMT


tolong mintacontoh soal-soal ipa atau SKL UN SD

Sent by: ahmdhasni | Wednesday, 1 February 2012 08:07:27 GMT


ka,knp enzimnya kd banyak

Sent by: pratama | Friday, 27 January 2012 07:37:08 GMT


bagus bagus

Sent by: wisnu | Tuesday, 17 January 2012 02:57:08 GMT


thankz.....smga tmbh mju.....

Sent by: junaidi | Wednesday, 4 January 2012 08:07:35 GMT


Simple dan mudah dipahami. Makasih

Sent by: Salsa | Wednesday, 28 December 2011 22:14:15 GMT


kurang banyak

Sent by: delvin | Monday, 5 December 2011 05:38:27 GMT


Sent by: juminten | Friday, 25 November 2011 07:20:21 GMT


sangat membantu

Sent by: sari | Friday, 25 November 2011 07:16:27 GMT


alhamdulillah yaa ,, sangat membantu

Sent by: sayu | Friday, 25 November 2011 06:42:26 GMT


makasih banget lo

Sent by: [deny] | Thursday, 10 November 2011 06:55:31 GMT


tolong tambahin pengetahuannya ya

Sent by: dita | Friday, 7 October 2011 00:44:41 GMT


Emmmmm,
kloo bsa d.prsingkat agee ,
hehe

Sent by: RaniLa | Wednesday, 5 October 2011 07:44:44 GMT


Sent by: deniizzzzzzzzzzzz | Saturday, 1 October 2011 01:15:15 GMT


makasih banyak kak...
smg TUhan membalas kebaikan kaka. amin..

Sent by: ridwan | Monday, 26 September 2011 10:13:58 GMT


sekali2 pake fungsinya kek

Sent by: christopher | Friday, 16 September 2011 07:41:13 GMT


kok cumak sembilan,cara kerjanya sebaik nya di persingkat

Sent by: lucky | Wednesday, 7 September 2011 10:15:40 GMT


ka, enzim yg laen mn..?
ko cuma 9 sihh..

Sent by: icha | Tuesday, 9 August 2011 09:05:00 GMT


kk kok kgk muncul enzim prankreas

Sent by: philip | Tuesday, 19 July 2011 08:26:15 GMT


apakah enzim ini hanya ada pada manusia ya

Sent by: ferry | Wednesday, 15 June 2011 01:06:05 GMT


ka kenapa d sekolah tdak diajarkan sekomplit itu??? yg benar yg mna

Sent by: nadia | Sunday, 8 May 2011 08:20:44 GMT


tolong minta contoh soal-soal biologinya ya...???
atau SKL UN smp.

Sent by: maulidha zackyah | Wednesday, 30 March 2011 06:37:48 GMT


The maximum number of allowed comments has been reached.

March, 2010

  • macam-macam enzim pada tubuh...
  •  

My links

Archives

«March 2010»
SunMonTueWedThuFriSat
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031   

Sponsored Links

Search



Free blog for humans.